Trip To Jakarta 2
Assalamualaikum!
Akhirnya saya bisa ngepost lagi nih. Kali ini saya mau nyeritain kejadian 4 hari yang lalu, 10 Maret 2015. Saya, Salwa, Titi, Fikih, sama Hanief pergi ke Jakarta naik kereta. Tiket kita beli sehari sebelumnya biar gak kehabisan. Harga tiketnya itu Rp 30.000,- ekonomi(ac) Kalimaya jurusan Tanah Abang. Sekarang enak kalo mau kemana-mana naik kereta dari Cilegon, ada~
Akhirnya saya bisa ngepost lagi nih. Kali ini saya mau nyeritain kejadian 4 hari yang lalu, 10 Maret 2015. Saya, Salwa, Titi, Fikih, sama Hanief pergi ke Jakarta naik kereta. Tiket kita beli sehari sebelumnya biar gak kehabisan. Harga tiketnya itu Rp 30.000,- ekonomi(ac) Kalimaya jurusan Tanah Abang. Sekarang enak kalo mau kemana-mana naik kereta dari Cilegon, ada~
Nunggu kereta datang~
Lanjut yaa. Kereta datang jam 05.48. Kita ketemu di stasiun
jam 05.30. Tapi kereta datangnya gak sesuai harapan. Kereta telat 3menit(doang
sih), dan Fikih bilang “Itu keretanya lagi nambal ban di sana”-__- kereta
datang, kita langsung naik dan nyari gerbong 3. Berhubung yang ikut 5 orang,
jadi kita duduknya gak jauh-jauhan. Kursi udah ketemu kita langsung
nempatin. Disebelah kita ka nada ibu-ibu gitu sepertinya mereka mau ke Tanah
Abang. Disitu salah satu ibu-ibu ngomong gini, “Ini mau pada belanja apa
disana.” Ya kali bu, naik kereta tujuan Tn.Abang udah pasti kesana.
Di kereta seperti biasa, kita berempat (karena mahluk yang
satu tidur mulu, dia baru tidur jam 2, kan pei._.) ngobrol-ngobrol sambil
tentuin mau kemana. Sebenarnya kita gak tau apa-apa..gak tau mau kemana, yang
penting berangkat:”) Dengan bermodalkan kuota dan google maps, kita memutuskan
untuk pergi ke Museum Nasional, Monas, dan Kota Tua.
Sesampainya di stasiun Tn.Abang, hati jadi gegana. Karena ini
for the first time in forever. Dengan
cool-nya, kita jalan ke arah keluar
stasiun. Kita jalan kaki..dan ngeliat ada pintu masuk stasiun lagi. “Kita masuk
lagi beli tiket pulang terus langsung pulang ya.” Hanip bilang gitu. Dia water
banget kalo kita pulangnya gak jam 2 - 4. Tapi kita gak beli tiket kok, Fikih
ngusulin kita pulang naik bus aja dari terminal terdekat. Kita masih terus
jalan kaki nyari halte, udah jalan jauh ternyata gak ada. Udah ditawarin
angkot-angkot tetep gak naik. Oh iya, selama perjalanan Hanip emang gak lepas
dari google maps nya. Iya, kita jalan-jalan disponsori oleh Google Maps… Dan dia
juga sempet ngajak kita naik angkot itu, tapi penuh keraguan. Yaudah gak naik
angkot. Tetep jalan.kaki.
Jalan kakiiiii
Karena gak nemu halte juga, akhirnya kita jalan terus kearah
T.Abang blok G, kalau gak salah. Jalan kaki terus, bener-bener kayak pendatang.
Karena kita gakuku ganana sama teriknya matahari Jakarta pada pagi itu, Fikih
tiba-tiba nanya ke bapak-bapak dishub yang lagi bertugas. “Pak kalau mau ke
Monas kemana ya?” Tanya Fikih. Lalu Pak Dishub menjawab, “Oh kamu naik angkot
nomor 08 arah Kota, nanti turun di depan Istana Boneka Negara.” Lalu terlintas sejenak dipikiran
saya…BUKANNYA TADI KITA NGELIAT BANYAK ANGKOT NOMOR 08 YA. Dan semua langsung
bilang, “TUHKAN NAIK ANGKOT TADIIII” yaudah kita balik lagi ke tempat awal,
dengan berajalan kaki.. (bener-bener ‘jalan-jalan’ ini mah). Dimana
angkot-angkot bertebaran:”) disitu saya merasa capek. Tapi pas denger lagu
goyang dumang dari toko orang, saya jadi semangat lagi.
Setelah sampai disana, kita langsung naik angkot nomor 08
itu, dan angkot pun jalan dengan tenangnya diiringi suara-suara bising kendaraan
kota Jekardah. Dalam hati, “Akhirnya
saya nyampe juga di Jekadah..” Welcome
to Jakarta!
Didalam angkot, kita sibuk masing-masing. Yang cewek sih
kayaknya pada deg-degan gitu ya..Fikih sibuk liat jalanan, Hanip sibuk sama Google Maps-nya. Oh iya, ongkos angkot
dari stasiun Tn. Abang sampe ke Monas cukup Rp 4000,-/orang. Deket
padahal..yaudahlahya yang penting kita sampe. Akhirnya mamang angkot berhenti
dan kita turun di (yang katanya) Monas yang dekat-dengan-istana-negara. Pas turun
dari angkot dengan anggunnya, saya langsung berfikir, “Ini mana istana
negaranya ya..” yang ada malah gedung-gedung biasa gitu. Dan ada gerobak
gorengan nyelip. Tau-tau ada yang nyeletuk, “Eh laper tau” akhirnya dengan
segenap perasaan iba, Hanip berinisiatif untuk membelikan kami seonggok
gorengan untuk kita makan bersama. Satunya Rp 1000,- dan dia beli 10 gorengan
yang nantinya akan dibagi rata satu orang dua gorengan. Tapi
kenyataannya..saya Cuma dapet ¼ singkong aja, sedih ya. Kemana 1 ¾ gorenganku. Kita
lanjutin perjalanan menuju Monas dengan berjalan kaki. Ya, kita memang suka
sekali jalan kaki…
Hampir sampai, Fikih bilang kalo bangunan (sebelah) adalah
Museum Nasional. Disitu kita butuh tempat peristirahatan lumayan capek juga dari tadi jalan kaki
kan.. akhirnya kita memutuskan untuk duduk-duduk keren dulu di Museum
Nasional sambil makan gorengan. Pas masuk ke halaman museumnya.. terlihat segerombolan mungkin anak SD yang sedah foto-foto didepan
patung gajah(?) Apa kita ikut rombongan mereka aja ya..(oke) Setelah makan
gorengan, kita langsung menuju museum tersebut. Tinggal selangkah lagi buat
masuk ke museum, eh Hanip belok ke kiri…dan dia…foto-foto museumnya. Yaudah kita
ikutan..ngeliatin dia ngefotoin museum. Gak lama, kita masuk juga ke museum. Ternyata
kita harus beli tiket masuk dulu. “Berapa orang dek?” Tanya bapak-bapak yang
ada di loket. “5 pak.” Jawab salah satu dari kami. “Dari mana ini?” Tanya si
bapak. Ya, tampaknya si bapak mulai kepo. Dalam hati menjawab, “Dari tadi pak
panas pulak..”. “Kita dari Cilegon pak..” jawab Hanip. “Oh Cilegon jauh
juga ya.. karena kalian datang ke sini
saya kasih harga 2000 aja ya..” By the
way, harga aslinya itu Rp 3000,-/orang. Wah bapak ini baik sekali…akhirnya
kita masuk ke Museum Nasional tanpa tourguide.
Ya, apalah arti google dihape-mu.
Terlihat Rombongan SD
Masuk ke museum…foto-fotoin patung Hindu-Buddha..
maacam-macam pokoknya. Dikira cuma patung-patung yang terbuat dari batu aja
kan, ternyata banyak banget objek di Museum Nasional. Ada miniatur rumah
daerah, peninggalan jaman prasejarah, keramik-keramik, dan masih banyak lagi. Pokoknya
keren banget. Tapi sayangnya, saya gak ngeliat batu akik.
Kita di Museum Nasional Cuma setengah jalan, karena keterbatasan waktu yang kita miliki(asik). Abis dai museum, kita lanjut ke tempat kedua yaitu Monas.
Museum Nasional
Kita di Museum Nasional Cuma setengah jalan, karena keterbatasan waktu yang kita miliki(asik). Abis dai museum, kita lanjut ke tempat kedua yaitu Monas.
Dari museum kita jalan kaki (lagi) ke Monas. Deket kok,
kayak dari Smancil ke Matahari lama. Deket banget kan.. tapi kalo kita enjoy, capeknya gak kerasa. Dari Museum Nasional kita harus nyebrang jalan dulu. Pas nunggu lampu merah tiba-tiba ada suara sirine ambulan gitu. ada apa ini?!!?!? Tak lama mobil berhenti. semakin dekat.dekat..TERNYATA MOBIL RI 2. Lampu merah hampir menyala. kita hampir ngeberhentiin mobil wakil Presiden RI. Apa daya, lampu merahnya telat.. nyaris muncul diberita dengan judul, "Nekat, Seorang Pelajar Memberhentikan Mobil Wakil Presiden RI". Udah nyampe
gerbang Monas, kita harus jalan kaki (lagi dan lagi) buat masuk ke Monasnya. SAYA
CAPEKKKKK Sambil jalan, saya mengambil beberapa gambar Monas hehe..Lumayan
kan buat upload di Instagram dengan caption “Lagi di Monas nih” GAK.
Monas
Udah sampe loket, kita berencana untuk naik sampai ke puncak
monas. Abis itu terjun bebas. Tapi karena teringat orang tua di rumah, kita gak
jadi terjun bebas. Cuma foto-foto gaya bebas aja. Karena kita pelajar yang
senang belajar, harga tiketnya itu Rp 5000,-/orang. Sebelum masuk ke bagian
dasar Monas, kita beli minum dulu. Lalu kita masuk ke Museum Sejarah Nasional
Indonesia. Disitu banyak banget diorama tentang sejarah Indonesia dari masa prasejarah
sampai orde baru. Tapi sayang, kita bukannya liat diorama satu-satu malah
istirahat di mushola.. dingin sih, jadi ngantuk:”)
Karena penasaran akan pemandangan dari puncak Monas, kita
langsung menuju tempat tersebut. Waktu mau naik lift..yang ngantri…kayak lagi
ngantri sembako, panjang banget. Dengan semangat nasionalisme, kita rela
ngantri panjang demi puncak Monas. Yeah.
Dan..waktunya kita masuk ke lift. Lift ini berkapasitas 11 orang. Gak kebayang sempit gitu pengap ew.. Dan kebetulan satu lift sama orang India, ibu-ibu gitu. Dia sama tourguide nya orang Indonesia. Ngomongnya pake bahasa Inggris. Ya ngertilah ya dikit-dikit. Akhirnya kita sampe di puncak
Padatnya Kota Jakarta
Ya, kita lanjut ke Kota Tua. Dari
Monas kita jalan kaki (pengennya sih terbang) ke halte terdekat. Terdekat pun sama
aja kayak dari smancil ke Matahari lama..hijs. sesampainya di halte, kita
bingung. Ini harus ngapain. Akhirnya dengan keberanian yang maksimal kita
menghampiri loket..dan ditanya sama mbak-mbaknya, “Mau isi ulang atau beli
kartu?” lalu kita menjawab, “Beli kartu, berapa ya mbak?” “Satu kartu Rp
40.000,-“ “Gak bisa satu jalan ya mbak?” serius si Hanip nanya gini. “Gak bisa,
ini bisa buat berlima kok” Syukurlah. Lalu kita Cuma beli 1 kartu. Inilah yang
disebut gak punya uang kebersamaan. Setelah beli kartu, kita nunggu busway sambil liat-liat denahnya. Kita naik
busway jurusan Kota. Busway dating, berharap bisa duduk dikursi. Apa daya,
kita Cuma bisa berdiri..diantara orang-orang yang ingin melanjutkan
aktifitasnya.. sambil berpegangan tangan biar gak jatuh.
Gak sampe 10 menit, kita sampai di
Kota Tua. Dari halte Kota, seperti biasa kita jalan kaki.. sambil cari tempat
makan. Laper banget itu sekitar jam 2an kita belum makan siang. Jalan sambil
liat-liat sekitar. Nyampe juga di tempat makannya. Mumpung lagi di Jakarta kan,
apa salahnya makan makanan khas situ.. Soto
Betawi. Rasanya sampe kebayang sekarang.
Dikarenakan Fikih tidak mengirim fotonya, jadi cuma nisa upload 4 doang. maaf ya kih
~
~
Selesai makan, kita lanjut jalan
pulang. Tapi kita tidak lupa untuk mengabadikan momen ini. Foto didepan Museum
Fatahilah. Foto doang, gak masuk. Udah sore sih.. abis foto-foto, saya jadi
laper mata.. jadi yang cewek liat-liat aksesoris, yang cowok beli
makanan..(lagi). Lalu kita pulang naik bus ke terminal Kalideres naik busway lagi. Tidak lupa untuk ibadah di
mushola terdekat.
Kita naik busway dari halte pertama. Berandai-andai bakal duduk selama
perjalanan. Dan Alhamdulillah, yang cewek sih duduk dengan tenang selama di busway di bagian ladies, yang cowok tetep..berdiri. ngomong-ngomong yang bawa
ibu-ibu, lho. Karena kita mau ke
terminal Kalideres, kita harus transit terlebih dahulu. Di denah sih kita
transit di halte Sawah Besar, lalu naik busway
yang jurusan Kalideres. Tapi setelah transit di halte Sawah Besar, ternyata…SALAH.
HARUSNYA KITA TRANSIT DI HALTE HARMONI. Disitu saya bingung mau nyalahin siapa.
Dengan berat hati ktia naik busway lagi ke halte Harmoni, lalu pindah bus menuju
Kalideres.
Dari halte Harmoni kita melewati 8 halte dengan posisi
berdiri dan penuh dengan orang-orang pulang kerja. Lama, panas, capek, senang,
jadi satu. Kita sampai di terminal Kalideres sekitar jam 5 sore. Sampe di
terminal kita langsung cari bus yang jurusan Merak tercinta. Langsung
dapet, sepi, kita duduk di depan, si kenek sih ngomongnya “langsung” tapi
kenyataannya… BARU JALAN KELUAR TERMINAL JAM 6 MAGHRIB. BELUM LAGI MACET MINTA
AMPUN. DITAMBAH LEWAT TANGERANG KOTA, BARU KE TOL. Saya merasa sedih.
Harga tiket busnya Rp 24.000,-/orang. Ac, lumayan lah adem. Semala
diperjalanan semua tidur, kecuali saya. Tapi giliran udah sampe serang timur
malah saya yang tidur, yang lain bangun. Saya merasa telat.. dan kita sampai di
Cilegon sekitar jam 21.15. Sungguh perjalanan yang menyenangkan sekaligus
melelahkan.
"We didn't realize we were making memories we just knew we were having fun."









Komentar
Posting Komentar